Tentang Gula, yang Masih tetap Manis :)

Assalamualaikum Wr.Wb

Bismillah...

Selamat Siang para blogger semua :) bagaimana kabarnya? semoga selalu tetap dalam lindungan Tuhan YME, amiin.. 
Siang ini ane akan memperkenalkan Industri yang lumayan asing bagi kalian?? apa itu.. wahwah  Penasaran?
Industri ini sangat terkenal di yogyakarta dan menjadi jantung kebutuhan warga yogyakarta... prokprok :) ini dia

PT. Madu Baru (Pabrik Gula Madukismo)

PT.Madubaru yang terletak di daerah Kabupaten Bantul Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta mempunyai usaha pokok Pabik Gula Dan Pabrik Spiritus.yang terkenal dikalangan masyarakat luas dengan sebutan PG/PS Madukismo dengan potensi dan peluang pengembangan usaha yang potensial masih memiliki kesempatan tumbuh dan berkembang menjadi suatu perusahaan Agro Industri yang berbasis tebu dan dikelola secara profesional dan inovatif untuk menghadapi persaingan bebas diera globalisasi dengan petani sebagai mitra sejati .
Pabrik ini dibangun pada tahun 1955 pada era Pemerintahan Ir.Soekarno dan di prakasai  oleh Sri Sultan Hamangkubuwono dan Ir.Soekarno juga turut andil dalam pembangunan pabrik ini. Dulunya ada 17 Bangunan Pabrik Gula yang dijadikan tempat persembunyian belanda hingga dibumi hanguskan, PG Madukismo lah yang tersisa. Luasnya sekitar 48 Hektar, Wow..! Luasnye... :)

Pabrik ini memiliki karyawan sekitar 4500 Orang yang terbagi kedalam Karyawan Buruh, Karyawan Tetap, Karyawan Managerial dan Karyawan Kontrak yang  biasanya hanya untuk aktif Produksi dari Bulan Mei - Oktober.

Dengan menggunakan setrategi bisnis Overal Cost Leadership pada usaha pokok dan strategi bisnis differensiasi pada diversifikasi usaha maka PT. Madubaru siap menghadapi persaingan khususnya tahun 2009 dan tahun-tahun mendatang .
PT. Madubaru dengan kepemilikan saham 65% Sri Sultan Hamengku Buwono X (Kraton Ngayogjokarto Hadiningrat ) dan 35 % PT.Rajawali Nusantara Indonesia (PT.RNI),serta pelaksanaan konsep Good Corporate Governance (GCG) secara konsisten akan menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat , petani tebu , dan juga investor yang menanamkan modalnya.

Kegiatan Produksi Pabrik ini terbagi dalam beberapa bagian, yang pertama Produksi pokok yaitu produksi gula tebu dan Produksi Alkohol dari limbah caramel gula tebu. Lalu pemanfaatan lainnya adalah Produksi Batako (Bata untuk pembangunan rumah) dan Pupuk Organik dari Limbah Batang Tebu. Sempurna..! :)

Selain Kegiatan Produksi , PT.Madu Baru juga mempunyai program pro sosial diantaranya Perusahaan ini memberikan kesempatan kepada pelajar dan mahasiswa untuk riset mengenai produk, proses produksi, aktivitas pabrik dan sebagainya serta Bekerja sama dengan para petani tebu, Pembuatan KOSPRIMA (Kompor Spirtus Madukismo) untuk kebutuhan minim masyarakat serta Pembinaan Home Industri bagi masyarakat setempat.

Bagaimana? Tertarik untuk berkunjung?

Sekian Terimakasih, Selamat Berkunjung Ke Pabrik Gula Madukismo, Yogyakarta, Bangga dengan Produk Daerah :) Wasalamualaikum Wr.Wb.


Note :
  • Ketika Berkunjung Usahakan mengenakan Masker, Sepatu, dan Pelindung Kepala karena kondisi pabrik sangatlah Panas.
  • Anda akan menikmati sekitar area Pabrik menggunakan Kereta Bahan bakar api pembakaran dengan kecepatan 101 Km/Tahun :D
  •  Banyak bertanya dan beramah tamahlah dengan guide atau karyawan Pabrik tersebut, anda akan dapat feedback yang bagus, selain ilmu anda dapat icip-icip sepuasnya hasil olahan Gula disana hehe..

Leave a Reply

Keluarkan Ekspresimu tentang Blog ini :)